Senin, 18 Juli 2011

Mengganti dan Mematikan Suara Kamera di S60v3

Setelah beberapa hari ini saya tak membahas tentang trik symbian s60v3, hm… rasanya kangen juga ingin sekali berbagi hal yang menarik kepada anda semua. Oke, maka kali ini saya akan membagi sebuah trik yang cukup unik dan menarik, yakni mengubah dan mematikan suara kamera di ponsel anda. Tentunya ponsel yang termasuk s60v3.
Sebelumnya saya ingin berbagi sedikit cerita tentang pengalaman saya setahun yang lalu tatkala pertama kalinya menggunakan ponsel symbians60v3, hehehe…
Begini ceritanya:
Suatu hari dengan penuh rasa senang karena akhirnya saya mempunyai ponsel s60v3 yang tergolong mempunyai kamera yang cukup mumpuni dengan 2 MP. Wah, tentunya ini suatu kebanggaan tersendiri bagi saya karena sebelumnya hanya memiliki ponsel s60v2 dengan 1 MP saja.
Nah, karena saking senangnya setiap kali ada momen indah, menarik ataupun terlihat menakjubkan so pasti akan saya abadikan momen tersebut dengan ponsel terbaru saya kala itu. Bahkan, tak hanya berfoto-foto di lokasi seperti pantai, taman, kampus, tatapi juga di kamar pun sempat berpotret ria seakan ke-PD-an, hahaha…
Suatu ketika, kalau nggak salah saat itu hari minggu (busyet, masih ingat juga, hehehe…) Saya selesai mandi dan pastinya juga sudah berpakaian rapi seakan-akan seperti orang mau wakuncar saja, hahaha… Kala itu pagi hari boss, bukan malam minggu, hehehe… Pada saat saya mencoba mengambil gambar sendiri berkali-kali, jepret sana jepret sini terdengar suara kamera dari ponsel saya secara berulang-ulang dengan kerasnya menembus dinding tembok kamar saya, hehehe… Lalu dari dalam kamar terdengar gerak langkah seorang manusia yang melintas, dan saya pikir ada tamu. Selang berapa detik, terdengar“ih narsis….!, celetuk kecil.” hehehe… Wah, malunya saya meskipun tak secara langsung karena pintu kamar masih tertutup rapat, hahaha… Eh ternyata dia ibu kost saya, jadi malu… hahaha… Andaikan suara kamera saya bisa dimatikan mungkin nggak terjadi hal demikian, hehehe…
Begitulah ceritanya, cukup berkesan dan tak mudah terlupakan selamanya, hehehe…
Supaya hal tersebut tidak terjadi pada anda, saya akan membagikan solusinya yakni dengan mematikan suara kamera ponsel anda. Namun sebelumnya, terlebih dahulu saya akan menjelaskan bagaimana cara mengganti suara kamera untuk ponsel s60v3.
Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.
Caranya sangat mudah, seperti berikut ini.
  1. Buka x-plore dan copy file Z:/resource/apps/Camcorder.rxxx (untuk 6120 classic adalah r159 ; sedangkan e63 adalah r129) jika ponsel berbahasa inggris
  2. Paste file tersebut di E:/
  3. Buka Mobilhex, lalu edit file yang tadi. Cari dan temukan  baris 78 dan 81.
     
  4. Edit kedua baris tersebut menjadi seperti gambar di bawah ini.
     
  5. Klik Option dan OK, lalu keluar dari Mobilhex.
  6. Pindahkan file Camcorder.rxxx yang barusan diedit dari E:/ ke C:/resource/apps/
    hasilnya adalah C:/resource/apps/Camcorder.rxxx
  7. Siapkan satu file yang akan dijadikan sebagai suara kamera ponsel anda. Jika sudah menentukan, rename sebuah file format mp3 dengan nama camera.mp3
  8. Copy file camera.mp3 dan paste di C:/data/Sounds/Simple/ , hasilnya adalahC:/data/Sounds/Simple/camera.mp3
  9. Buka ROMPatcher+ , lalu Apply c2z.rpm dan Add to Auto.
  10. Selesai.
Untuk mencoba hasilnya, silahkan tes kamera ponsel anda sekarang untuk memotret.
Sedangkan untuk mematikan bunyi suara kamera ponsel anda, rename file camera.mp3 yang ada di C:/data/Sounds/Simple/camera.mp3 menjadi nama yang lain, misalnyacamera1.mp3 , yang penting berbeda nama. Namun anda jangan menonaktifkan patchc2z.rpm
Lalu bagaimana untuk mengembalikan suara kamera ke semula? Caranya adalah dengan mendisable kan patch c2z.rpm di ROMPatcher+.
Kalau anda ingin mencoba file.mp3 yang sudah pernah saya gunakan sebagai suara kamera ponsel saya, silahkan download di bawah ini.
wasu.mp3 (34KB)
hahaha.mp3 (28KB)
monyet bau.mp3 (34KB)
oh yeah.mp3 (12KB)

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Link's